Pertanyaan Yang Sering Muncul Mengenai Bitcoin (BTC)

Pasti masih banyak rekan Netter yang belum mengerti dan masih bingung mengenai Bitcoin (BTC), mudahan setelah membaca ini tambah pengetahuannya dan tidak bingung lagi, berikut Saya rangkum soal pertanyaan dan jawaban yang saya ketahui mengenai BTC : 

Apakah Bitcoin itu ? 

Bitcoin adalah mata uang Virtual yang dikembangkan pada tahun 2009 oleh seorang  ilmuwan berkebangsaan Jepang yang bernama Satoshi Nakamoto. Mata uang ini seperti halnya Rupiah (Rp) atau Dollar ($), namun hanya tersedia di dunia Digital.

Bitcoin sebagai mata uang memiliki fitur sebagai berikut :
  1. Transfer instant
  2. Biaya transfer sangat kecil
  3. Transaksi tidak bisa dibatalkan
  4. Bitcoin tidak di kontrol oleh lembaga atau pemerintah manapun
Berapakah Harga Bitcoin Kalau di Rupiahkan ?

Harga Bitcoin berubah sesuai keinginan pasar (demand), Pada akhir tahun 2013 sampai awal tahun 2014 harga 1 (satu) Bitcoin sempat menyentuh 1.000 US Dollar ($1.000). Dan pada saat Saya menulis artikel ini harga Bitcoin yaitu $505. Nah kalau di Rupiahkan hitung saja ya berapa Rupiah / Dollar sekarang.

Apakah Bitcoin Aman ?

Sistem Bitcoin aman, yang tidak aman adalah penggunanya. Sama seperti Internet Banking, Hacker / Peretas bisa dengan mudah mencuri sejumlah uang dari Anda jika Anda teledor atau tekena Virus / Malware dan lain sebagainya. jadi aman atau tidak aman ya relatif.

Siapa Yang Menerbitkan Bitcoin ?

Tidak ada yang menerbitkan Bitcoin. Bitcoin diciptakan dengan proses yang disebut "Mining". Para miner menggunakan Komputer canggih untuk menguraikan Matematika Kompleks untuk menemukan Blok baru Bitcoin. Nah cukup aneh kan tidak seperti Rupiah atau Dollar bisa dicetak duitnya nyata dan bisa dipegang karena ada barangnya, sementara Bitcoin Uang Virtual tapi bisa dicairkan ke Rupiah atau mata uang lainya didunia. Gitu lah dunia Internet luas tidak terbatas kadang tidak masuk akal kok bisa laku duit Virtual kayak gini, dan Saya pun tergila ingin mendapatkannya :D. Jadi sekali lagi Bitcoin itu tidak ada penerbit dan orang atau lembaga yang mencetaknya. Sekarang sudah banyak Money Changernya baik luar maupun dalam negeri, juga beredar ATM Bitcoin khususnya dinegara Barat sana, mungkin mereka dapat keuntungan dari biaya yang dikenakan per transaksi jika menarik dari ATM Bitcoin ini.

Apa itu Bitcoin Mining ?

Bitcoin Mining (Bitcoin Cloud) istilah Indonesia-nya yaitu Nambang Bitcoin. Untuk menambang BTC dibutuhkan koneksi Internet yang kencang tanpa putus dan Komputer yang memiliki kriteria tertentu, tidak semua komputer bisa digunakan utuk menambang BTC. Pada tahap awal perkembangan Bitcoin, mining dapat dilakukan dengan CPU (komputer biasa), seiring berjalannya waktu, dificulty (tingkat kesulitan) Bitcoin makin meningkat sehingga diciptakanlah alat khusus yang canggih dan lebih cepat bernama ASIC MINER. Nah dengan menggunakan Komputer khusus miner ini dibutuhkan Watt listrik yang besar dan koneksi internet yang OK dan tidak putus-putus. Kayaknya Mining ini tidak cocok di Indonesia yang listriknya mahal naik terus, udah mahal sering mati lampu lagi (Ampun deh PLN), dan juga koneksi Internet terbatas dan sering putus-putus, jadinya bukan untung malah buntung dan rugi :D.

Adakah Cara Lain Mendapatkan BTC Secara Gratis Selain Mining ?

Tentu saja ada, salah satu caranya yaitu melalui Website / Situs penyedia Bitcoin gratis (Bitcoin Faucet). Cara mendapatkan Bitcoin melalui Website gratisan ini sangatlah mudah karena hanya membutuhkan komputer biasa dan akses internet yang tidak terlalu kencang. Tapi hasil yang didapatkan sangat kecil. Perlu ketekunan untuk mendapatkan Bitcoin dengan cara ini. Terkadang orang cenderung bosan dan putus asa sebelum mendapatkan Bitcoin dalam jumlah besar. Nah situs-situs Bitcoin Faucet ini diantaranya sudah ada Saya bahas di artikel Saya sebelumnya yang berjudul : Situs Yang Wajib Saya Kunjungi Tiap Hari Untuk Mendapatkan Bitcoin Gratis

OK, demikian dulu ya tentang pemahaman lebih dari BTC mudahan semakin mengerti. Nantikan artikel Saya selanjutnya yang berjudul : Cara Meningkatkan Penghasilan Bitcoin (BTC).
Stand By  .... and Coming Soon ..... :D.